Peluang Usaha

Sabtu, 10 Januari 2009

tips merawat monitor LCD

Keberadaan monitor Liquid Crystal Display atau LCD dalam beberapa tahun terakhir sudah semakin akrab dengan kehidupan kita. Selain nyaman saat dipakai, monitor LCD juga memberikan kemudahan bagi para penggunanya, seperti mudah dibawa, ringan, praktis dan tidak banyak memakan tempat.


Berikut adalah tips merawat monitor LCD yang kita cintai, agar tidak cepat rusak.

1. Matikan listrik
Ketika membersihkan layar monitor, usahakan power listrik dalam kondisi mati dan kabel suplai tercabut. Hal ini untuk menghindari aliran listrik yang mungkin timbul ketika tengah membersihkan layar monitor.

2. Gunakan kain lembut
Saat membersihkan monitor LCD, sebaiknya menggunakan kain lembut dan cairan khusus pembersih monitor. Hindari cairan yang mengandung alkohol, karena dapat merusak layar monitor. Bahkan alkohol akan mengubah warna menjadi buram atau tergores.

3. Jangan disemprot
Saat menggunakan cairan pembersih monitor, sebaiknya tidak menyemprotkan cairan secara langsung ke monitor, tetapi pakailah kain lap yang halus.

4. Bersihkan berlahan
bersihkan layar monitor secara berlahan dan jangan menekan terlalu keras ke permukaan layer monitor. Usahakan gerakan satu arah.

5. Gunakan screen protector
Untuk keamanan monitor LCD, gunakan screen protector yang dapat melindungi monitor dari debu atau goresan.

6. Jauhkan barang elektronik
Sebaiknya tidak meletakkan benda-benda elektronik, karena dapat menyebabkan gangguan magnetik, sehingga merusak tampilan monitor.

7. Jauhi sinar matahari
Hindari kebiasaan meletakkan monitor atau perangkat elektronik di lokasi yang secara langsung terkena sinar matahari langsung, karena dapat merusak ketahanan elektronik tersebut.(dari berbagai sumber)


Tidak ada komentar: